NU Minta Pemerintah Bubarkan FPI ! Setujukah Anda ?..

NKRI NEWS -- Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siraj, meminta pemerintah agar segera membubarkan Front Pembela Islam (FPI). Menurut Said, per...





NKRI NEWS -- Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siraj, meminta pemerintah agar segera membubarkan Front Pembela Islam (FPI). Menurut Said, permintaan ini sebenarnya sudah lama disampaikannya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menkopolhukam, Joko Suyanto.

"Sudah lama saya mengatakan pada presiden dan Pak Joko Suyanto untuk membubarkan kelompok radikal," ungkap Said di kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu 7 Agustus 2013.
Karena, kata Said, tindakan-tindakan FPI ini justru merusak nama Islam. "Padahal Islam ini antikekerasan, antiradikalisme," ujar dia.

Tak hanya NU, semua tokoh dan DPR mendesak agar FPI dibubarkan. Desakan pembubaran FPI ini kembali mencuat setelah ormas itu bentrok dengan warga Kendal, Jawa Tengah, hingga mengakibatkan satu orang tewas, Kamis 18 Juli 2013. Organisasi ini dinilai kerap melakukan aksi kekerasan terhadap warga.
Aktivis islam yang kini jadi politisi Partai Demokrat Ulil Absar Abdala dulu juga pernah melontarkan pembubaran ini. Menurutnya sebagai organisasi, FPI sudah melakukan kekerasan sistematis, bukan sporadis. Kekerasan melawan hukum mengarah ke satu kelompok bukan bersifat random.

"Masalah membubarkan FPI masih ada keraguan dari pemerintah," ujar Ulil waktu itu. "Diperlukan tekanan masyarakat sipil untuk membubarkan."
Ketua Dewan Tanfidz FPI Surakarta Choirul RS menanggapi dingin wacana pembubaran organisasi kemasyarakatan pelaku tindakan anarkitis. "Tindakan anarkitis yang bagaimana? Tidak mudah membubarkan Ormas," ujarnya kepada wartawan beberapa waktu lalu.
Menurut 


dia selama ini FPI kerap difitnah terlibat dalam sejumlah aksi kerusuhan dan tindakan anarkis. Padahal menurutnya ini hanya sifat tegas terhadap kemaksiatan saja.

Choirul mengingatkan pihak-pihak terkait supaya tidak main asal tuduh. Apalagi sampai mendiskreditkan organisasi atau kelompok tertentu. Kecuali sudah ada bukti dan saksi yang kuat.


PURWAKARTA - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi terus mengundang sejumlah tokoh kontroversial untuk mendukung tindak-tanduknya yang dinilai oleh kalangan ulama telah masuk pada kemusyrikan. Setelah sukses mengundang budayawan Emha Ainun Najib dan Cak Nun pun habis-habisan membela Dedi, pada Senin (14/12) kemarin, Dedi mengundang Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. Hasilnya, habis-habisan pula Said Aqil mendukung Dedi dan sebaliknya menyalahkan FPI. 

Bukan hanya menyalahkan, Said Aqil menegaskan bila dirinya sudah lama menginginkan Front Pembela Islam (FPI ) dibubarkan. 

"Jangan dihiraukan tudingan tak berdasar seperti itu agar tidak memicu konflik. Tetapi, kalau meresahkan dan memprovokasi, lebih baik ormas seperti itu (FPI) dibubarkan saja," ungkap Said Aqil saat berceramah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw di Pendopo Bupati Purwakarta, Senin (14/12/2015), seperti dikutip Tempo.co. 


Bukan hanya saat ceramah, penegasan Said kembali disampaikan usai ceramah. "Sejak lama PBNU mendorong supaya FPI itu dibubarkan," ujar Said seperti dikutip Republika.co.id.

Said mengklaim, Indonesia tidak memerlukan ormas seperti FPI. yang dia tuding mengklaim diri sebagai organisasi aliran garis keras. Menurutnya, aliran seperti ini, sangat tak cocok diterapkan di tanah air. Apalagi, Indonesia bukan negara yang sedang berperang. Melainkan, negara cinta damai. "Jadi, buat apa ada ormas seperti itu," ujarnya.

Karena itu, terkait peringatan keras yang disampaikan Habib Rizieq Syihab atas budaya syirik di Purwakarta, Said Aqil meminta masyarakat Purwakarta, Jawa Barat, tidak menghiraukannya. 


Menurut Said Aqil, umat Islam di Purwakarta yang ia pantau sejauh ini tidak dalam kondisi seperti yang digambarkan FPI. Sebab, kegiatan keagamaan di Purwakarta tumbuh subur dan tak pernah ada keluhan apa pun. 

Kata Said, ihwal topik kebudayaan yang selalu diusung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam berbagai kesempatan, sedikit pun tak ada yang bertentangan dengan masalah akidah Islam, apalagi sampai menimbulkan darurat akidah seperti ditudingkan FPI. 

Pria kelahiran Cirebon tersebut beralasan, penyebaran dan dakwah Islam di Indonesia jangan sampai meninggalkan pendekatan budaya dan menimbulkan perang, apalagi pertumpahan darah. Mengingat Indonesia memiliki keberagamaan suku dan budaya.

“Islam adalah agama yang terbuka dengan budaya. Islam datang ke Indonesia sejak berdirinya Majapahit dan berkembang menggunakan pendekatan budaya tanpa adanya paksaan,” Aqil menjelaskan


Menurut Aqil, Nabi Muhammad pada saat berdakwah dan menyebarkan Islam di Madinah, misalnya, tetap berupaya menghormati budaya yang tumbuh dan berkembang di sana dengan tetap menghormati peradaban dan membangun asimilasi budaya. Sebab, di sana banyak terdapat suku bangsa, baik yang Muslim maupun non-Muslim.

"Rasulullah selalu memperlakukan masyarakatnya sama. Tidak menghendaki permusuhan, kecuali yang melanggar hukum," Aqil menegaskan.

Ia mengimbau agar cara berdakwah selalu mengedepankan ketenangan dan kedamaian seperti yang dicontohkan Rasulullah ketika berdakwah di Mekah. "Selama 13 tahun berdakwah, Rasulullah tidak langsung menghancurkan berhala. Namun beliau selalu lebih mengedepankan ketenangan dalam berdakwahnya," ia menambahkan.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, budaya Sunda tidak pernah bertentangan dengan ajaran Islam. Ia mengharapkan tidak terjadi salah tafsir ketika budaya Sunda dipakai dalam beragama.

“Contohnya, masyarakat Sunda yang membangun persenyawaan diri dengan alam, seperti tanah, air, udara, dan matahari. Itu budaya. Dari persenyawaan tersebut lahirlah bentuk kepasrahan kepada qadha dan qadar,” Dedi menjelaskan buah akal pikirnya.


Pernah Sebut Dedi Kyai Haji

Ternyata, bukan kali ini saja Said Aqil memuja-muji Dedi Mulyadi. Seperti dilaporkan Rmoljabar.com, pada Rabu (03/06/2015) lalu Said Aqil malah pernah menyebut Dedi dengan panggilan Kyai Haji Dedi Mulyadi. 

Hal ini lantaran Said Aqil mengaku kagum dengan ide-ide brilian yang disampaikan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat memberikan sambutan dalam Halaqoh Kebangsaan di Bale Sawala Yudistira, Rabu (03/6).


"Yang saya hormati KH Dedi Mulyadi. Nggak ada kepentingan apa-apa, saya kagum dengan ide-ide brilian pak Dedi. Ide yang disampaikannya sesuai dengan tujuan NU," ujar Said.

Salah satu masukan Bupati Dedi kepada NU yaitu, terkait fatwa yang sifatnya menyejahterakan rakyat. Seperti contohnya, ulama bekerjasama dengan pemerintah membuat fatwa misalnya di Purwakarta, masyarakat di Purwakarta mewajibkan saat bulan puasa memakan pisang Bagja hasil tanah rakyat.

"Itu akan menyejahterakan rakyat dengan tidak sengaja. Karena di sini masyarakat banyak yang menanam pisang Bagja. Atau hal lain yang esensinya menyejahterakan rakyat," ungkap Dedi Mulyadi yang juga tercatat sebagai pengurus NU Purwakarta ini. (suara-islam.com)





Nama

aktual,944,artis,5,astronomi,1,berita,978,bola,1,edukasi,5,fakta unik,59,herbal,1,humor,10,ibroh,1,informasi,20,inspiratif,41,internasional,35,islami,9,kecantikan,5,kesehatan,30,kisah nyata,5,kontroversi,149,kriminal,9,masakan,8,militer,5,Nasional,4,opini,58,politik,131,resep,8,seba-serbi,14,sejarah,48,selebriti,2,seni,1,Tausiah,5,teknologi,3,tips,32,wanita,8,
ltr
item
NKRI ONLINE: NU Minta Pemerintah Bubarkan FPI ! Setujukah Anda ?..
NU Minta Pemerintah Bubarkan FPI ! Setujukah Anda ?..
https://3.bp.blogspot.com/-aBTq2XS3h6E/V0pq8s6gNVI/AAAAAAAACAk/YffEq4LfY9ArfZlXyCrbezC7Z9jhApYFgCLcB/s640/fpi.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-aBTq2XS3h6E/V0pq8s6gNVI/AAAAAAAACAk/YffEq4LfY9ArfZlXyCrbezC7Z9jhApYFgCLcB/s72-c/fpi.jpg
NKRI ONLINE
http://www.nkrionline.com/2016/06/nu-minta-pemerintah-bubarkan-fpi.html
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/2016/06/nu-minta-pemerintah-bubarkan-fpi.html
true
8704552831577260830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy