Kisah Mistis Makam Amangkurat I, Jenazahnya Tidak Membusuk, Bahkan Kuku dan Rambutnya Terus Tumbuh

NKRI NEWS, TEGAL - Selalu ada kisah menarik yang mengiringi kematian tokoh-tokoh besar. Beberapa tokoh bahkan terdengar seperti tahayul,...


NKRI NEWS, TEGAL - Selalu ada kisah menarik yang mengiringi kematian tokoh-tokoh besar. Beberapa tokoh bahkan terdengar seperti tahayul, namun tak sedikit pula orang yang meyakininya.
Sosok almarhum Susuhan Amangkurat I, Raja Mataram Islam yang jenazahnya dimakamkan di Pemakaman Tegal Wangi Pekuncen Adiwerna, Tegal, Jawa Tengah juga memiliki cerita lain.

Cerita yang saat hingga saat ini masih terus dibicarakan dari mulut ke mulut tentang Amangkurat I adalah jenazahnya yang tidak pernah membusuk.
Bukan hanya tidak membusuk, malahan janzah seperti hidup karena kuku dan rambutnya juga masih tumbuh dan memanjang.

Juru kunci Pemakaman Tegal Arum Agus Sholeh menceritakan cerita tersebut masih berlangsung turun temurun dan diceritakan pula oleh kakeknya yang juga menjadi juru kunci dua generasi di atasnya.
"Jadi konon dulu jenazahnya tidak dikijing (ditutup batu nisan) tapi hanya ditutup dengan kaca saja, jadi setiap tahun dari keraton Solo datang dan melakukan pemotongan rambut dan kuku," jelas Agus saat menemui rombongan Travel Heritage Disbud DIY, Rabu (17/8/2016).

Prosesi itu berlangsung sejak meninggalnya sang raja pada abad ke-17 atau 1677 hingga sekitar tahun 1960 an.

Permanen

Pada tahun 1960 an atas pertimbangan dari Keraton Kasunanan Surakarta serta para tokoh agama akhirnya mereka sepakat untuk menutup secara permanen makam Amangkurat I dengan batu nisan.
Sejak penutupan makam yang salah satu tujuannya agar tidak terjadi kemusyrikan tersebut, maka tradisi potong rambut dan kuku oleh Keraton Surakarta sudah tidak berlangsung lagi.
"Kakek saya yang masih di masanya, kalau saya sendiri tidak melihat langsung karena tahun segitu belum lahir. Wallahu alam semua kembali ke kepercayaan masing-masing," jelasnya.

Walaupun begitu, hingga kini Kesunanan Surakarta masih tetap memberikan penghormatan kepada makam leluhurnya dengan menggelar jamasan setiap tahunnya di bulan Suro dalam penanggalan Jawa.
Amangkurat I dalam sejarahnya adalah Raja Mataram Islam yang merupakan putera dari Sultan Agung dan naik tahta sejak 1646.

Pleret

Pada tahun 1648 dia memindahkan pusat pemerintahannya dari Kerta ke Pleret, Bantul dan kemudian mendirikan keraton di sana.
Pada akhir pemerintahannya yang banyak dipenuhi pemberontakan akhirnya dia digulingkan oleh Trunajaya dan putera mahkotanya yang kelak menjadi 
Amangkurat II.

Dia yang kalah kemudian melakukan perjalanan ke barat dengan tujuan meminta bantuan VOC di Batavia, namun karena faktor kesehatan dan umur dia kemudian meninggal dalam perjalanan.
Atas wasiatnya pula dia kemudian dimakamkan di Tegal Arum berdampingan dengan guru sekaligus pengasuhnya di masa kecil Tumenggung Danupaya atau Ki Ageng Lembah Manah. (tribunjogja.com)


Nama

aktual,944,artis,5,astronomi,1,berita,978,bola,1,edukasi,5,fakta unik,59,herbal,1,humor,10,ibroh,1,informasi,20,inspiratif,41,internasional,35,islami,9,kecantikan,5,kesehatan,30,kisah nyata,5,kontroversi,149,kriminal,9,masakan,8,militer,5,Nasional,4,opini,58,politik,131,resep,8,seba-serbi,14,sejarah,48,selebriti,2,seni,1,Tausiah,5,teknologi,3,tips,32,wanita,8,
ltr
item
NKRI ONLINE: Kisah Mistis Makam Amangkurat I, Jenazahnya Tidak Membusuk, Bahkan Kuku dan Rambutnya Terus Tumbuh
Kisah Mistis Makam Amangkurat I, Jenazahnya Tidak Membusuk, Bahkan Kuku dan Rambutnya Terus Tumbuh
https://4.bp.blogspot.com/-CO7VQ9I9JXM/V7XQCtGIUoI/AAAAAAAACqE/pn11gqPCqKoAz7sJ7SKTqDbuXjUie0f4ACLcB/s640/makam-almarhum-susuhan-amangkurat-i_20160818_104149.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-CO7VQ9I9JXM/V7XQCtGIUoI/AAAAAAAACqE/pn11gqPCqKoAz7sJ7SKTqDbuXjUie0f4ACLcB/s72-c/makam-almarhum-susuhan-amangkurat-i_20160818_104149.jpg
NKRI ONLINE
http://www.nkrionline.com/2016/08/kisah-mistis-makam-amangkurat-i.html
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/2016/08/kisah-mistis-makam-amangkurat-i.html
true
8704552831577260830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy