Misteri KRI Irian, Kapal Perang Terbesar Indonesia Yang Membuat Belanda ‘Bergetar’

NKRIONLINE.COM  –  Semasa Orde Lama, Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pernah memiliki sebuah kapal penjelajah ringan (light cruise...

NKRIONLINE.COM – Semasa Orde Lama, Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pernah memiliki sebuah kapal penjelajah ringan (light cruiser class) bernama KRI Irian dengan nomor lambung 201.
KRI Irian merupakan kapal terbesar yang ada di kawasan Asia dan belahan Dunia bagian selatan. Kehadiranya mampu menggetarkan Belanda yang saat itu memiliki Kapal Induk Karel Doorman dalam situasi panas memperebutkan Irian Barat/Papua.
Dilansir dari laman Militermeter, KRI Irian memang sengaja didatangkan oleh Presiden Soekarno untuk menghadapi Belanda. Ide tentang kapal ini berawal dari upaya modernisasi alutsista TNI yang dirintis Mayjen A.H. Nasution (Alm) sebagai Menko Hankam/Kasab sejak 1957.
Tim dari TNI saat itu menyambangi Amerika Serikat mengajukan pinjaman untuk pembelian alutsista, tapi tidak ditanggapi.
Lalu, rombongan melanjutkan pencariannya ke Moskow dengan maksud yang sama. Proposal tersebut rupanya disetujui. Pada awal 1960, Nikita Kruschev berkunjung ke Jakarta dan menyetujui perjanjian pembelian alutsista dari Uni Soviet atas dasar kredit jangka panjang.
Menurut Alexander Pavlov dalam bukunya Cruisher of Indonesia dan dalam dokumentasi Rusia tentang Sejarah Pengembangan dan Penggunaan Penjelajah Kelas Sverdlov.
RI Irian dulunya adalah kapal penjelajah ordzhonikidze dari armada Baltik milik AL Uni Soviet yang dibeli oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1962.
Kehadiran kapal ini memberikan efek psikologis bagi Kapal perang AL Belanda, terutama Kapal Induk Belanda, Kareel Doorman. Kehadiran KRI Irian juga membuat AL Belanda mengurangi kehadirannya di perairan Irian Barat.
Apalagi pada saat itu, TNI-AU juga mengoperasikan Bomber Tu-16 Badger yang bisa membawa dua rudal anti kapal perang AS-1 Kennel. Rudal ini besarnya sama dengan pesawat pemburu MiG-15.
Setahun kemudian (1965), terjadi pergantian pemerintahan. Kekuasaan pemerintah praktis berada di tangan Soeharto. Perhatian Soeharto terhadap ALRI sangat berbeda dibandingkan Soekarno. Kapal ini dibiarkan terbengkalai di Surabaya, bahkan terkadang digunakan sebagai penjara bagi lawan politik Soeharto.
Kondisi kapal diperparah dengan embargo militer dari Uni Sovyet yang tidak searah dengan garis politik Soeharto yang pro barat dan anti komunis. Pada 1970, kapal ini mulai terisi air. Tidak ada orang yang peduli untuk menyelamatkan kapal penjelajah ini.
KRI Irian Jaya hilang secara misterius. Menurut isu yang beredar, kapal ini rencananya akan dibesituakan di Taiwan tapi tak pernah sampai di Taiwan. Ada yang berpendapat bahwa di tengah perjalanan KRI Irian dicegat oleh kapal Uni Soviet.
Versi ketiga ini adalah analisis militermeter  dari rangkuman  laporan dari berbagai majalah militer yang mengulas mengenai persenjataan Uni Soviet semasa Perang Dingin.
Uni Soviet hanya menjual penjelajah ringan kelas Sverdlov kepada dua negara, yaitu Indonesia (1962) dan India (1989–discrap). Kuat dugaan bahwa Sovyet tidak menginginkan apabila kapal kelas Sverdlov ini jatuh ke tangan pihak Barat.
Ada kemungkinan Uni Soviet mencegat kapal tersebut dan kemudian mengambil alih dengan kesepakatan, bisa jadi dengan mengurangi sejumlah utang pembelian senjata yang belum dilunasi atau bisa jadi dengan melunaskannya.
KRI Irian (suratkabar.id)


Nama

aktual,944,artis,5,astronomi,1,berita,978,bola,1,edukasi,5,fakta unik,59,herbal,1,humor,10,ibroh,1,informasi,20,inspiratif,41,internasional,35,islami,9,kecantikan,5,kesehatan,30,kisah nyata,5,kontroversi,149,kriminal,9,masakan,8,militer,5,Nasional,4,opini,58,politik,131,resep,8,seba-serbi,14,sejarah,48,selebriti,2,seni,1,Tausiah,5,teknologi,3,tips,32,wanita,8,
ltr
item
NKRI ONLINE: Misteri KRI Irian, Kapal Perang Terbesar Indonesia Yang Membuat Belanda ‘Bergetar’
Misteri KRI Irian, Kapal Perang Terbesar Indonesia Yang Membuat Belanda ‘Bergetar’
http://www.suratkabar.id/wp-content/uploads/2017/04/KRI-Irian.jpg
NKRI ONLINE
http://www.nkrionline.com/2017/05/misteri-kri-irian-kapal-perang-terbesar.html
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/2017/05/misteri-kri-irian-kapal-perang-terbesar.html
true
8704552831577260830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy