Ternyata Menghirup Kentut Ada Manfaatnya bagi Kesehatan!

NKRIONLINE.COM - Kentut atau buang angin merupakan suatu proses alami yang terjadi pada tubuh setiap orang. Kentut yang bau bukan merupa...


NKRIONLINE.COM - Kentut atau buang angin merupakan suatu proses alami yang terjadi pada tubuh setiap orang. Kentut yang bau bukan merupakan suatu tanda terdapat masalah dalam tubuh. Sebaliknya, kentut yang bau justru menandakan sistem pencernaanmu berfungsi normal.


Nah, karena baunya yang tidak sedap inilah, tidak sedikit orang yang menjadi terganggu karenanya. Padahal, Kamu tahu enggak sih kalau ternyata ada manfaatnya juga lho menghirup aroma kentut yang 'harum semerbak' ini. Ah masa sih menghirup kentut yang berbau busuk itu ada manfaatnya? Penasaran kan? Makanya yuk simak uraiannya di bawah ini!



1. Mengatur tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu membuktikan bahwa senyawa gas hidrogen sulfida yang terkandung dalam kentut memiliki efek yang dapat mengatur tekanan darah siapapun yang menghirupnya. Dengan tekanan darah yang teratur, maka Kamu akan terhindar dari kondisi hipertensi dan hipotensi. Dua kondisi ini akan membuatmu lebih berisiko terhadap beberapa penyakit, seperti anemia, stroke, serangan jantung, pusing-pusing, dan sakit kepala.



2. Penolong anti-inflamasi

Manfaat lain yang dapat Kamu peroleh dari menghirup kentut adalah sebagai penolong anti-inflamasi alami pada tubuh. Beberapa kondisi inflamasi yang dapat Kamu hindari dengan menghirup hidrogen sulfida dalam kentut, antara lain refluks asam lambung, maag, radang tenggorokan, radang pada lambung dan usus, serta peradangan pada beberapa organ lain.



3. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh

Senyawa gas hidrogen sulfida juga memiliki manfaat yang penting dalam melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini karena sifat hidrogen sulfida yang dapat melonggarkan jaringan pembuluh darah dan juga meningkatkan kelenturan pembuluh darah arteri dan vena. Jika peredaran dalam tubuh sudah lancar, tubuhmu dapat terhindar dari berbagai penyakit karena suplai darah dan oksigen ke organ dalam tubuh tidak terhambat, organ tubuh berfungsi secara optimal dan juga daya tahan tubuh akan meningkat.



4. Mengurangi risiko terserang penyakit kronis

Dengan menghirup kentut, maka setidaknya Kamu dapat mencegah timbulnya beberapa penyakit serius, seperti stroke, serangan jantung, demensia, bahkan kanker. Hal ini karena kandungan senyawa gas hidrogen sulfida yang dapat mengubah cara kerja enzim dalam penyakit. 



Selain menghirup, orang yang buang angin pun mendapat beberapa manfaat baik dari kentut, seperti:



1. Mendeteksi gastrointestinal

Mungkin Kamu masih agak asing dengan istilah gastrointestinal. Secara garis besar, gastrointestinal merupakan salah satu kondisi kelainan dan masalah pada organ pencernaan, seperti radang usus, radang lambung, gangguan pada kandung kemih, batu ginjal, dan gangguan pencernaan lainnya. Nah, salah satu fungsi kentut adalah untuk mendeteksi apakah Kamu sedang mengalami gangguan-gangguan tersebut atau tidak. Bagaimana cara mendeteksinya? Cukup perhatika berapa kali Kamu kentut dalam sehari. Normalnya, dalam sehari orang dapat kentut sebanyak 10-20 kali. Nah, jika frekuensi kentutmu berada di bawah 14 kali atau bahkan di bawah 10 kali dalam sehari, segera konsultasikan pada dokter karena kemungkinan Kamu sedang mengalami masalah gastrointestinal.



2. Mengatasi masuk angin

Sebagai orang Indonesia, Kamu pasti sudah sangat akrab dengan kondisi yang satu ini. Masuk angin bisa membuat perutmu terasa kembung dan juga begah karena terisi banyak angin. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memancing tubuh agar bisa kentut seperti dengan mengoleskan perut dengan minyak angin, mengompres perut dengan air hangat, atau bahkan meminum minuman berkarbonasi. Dengan kentut maka angin yang ada dalam tubuh dapat keluar, sehingga tubuh akan merasa lebih lega. 



3. Sebagai indikator bekerjanya organ pencernaan pasca operasi

Sudah menjadi hal yang wajar jika setelah operasi Kamu akan disarankan oleh dokter untuk tidak makan sebelum kentut. Hal ini bukan tanpa sebab lho, justru dokter menyarankan hal ini karena dengan kentut itu berarti organ pencernaanmu sudah berfungsi kembali secara normal dan dapat menerima makanan yang akan Kamu makan. 



Wah ternyata di balik 'aroma'-nya yang tidak sedap itu, kentut memiliki banyak manfaat juga ya bagi tubuh. Jadi mulai sekarang enggak perlu lagi deh tuh Kamu menertawakan atau malah merasa kesal kalau ada teman yang kentut sembarangan. Karena ingat, mereka justru ingin berbagi manfaat sehat kepadamu. Haha. (guesehat)



Nama

aktual,944,artis,5,astronomi,1,berita,978,bola,1,edukasi,5,fakta unik,59,herbal,1,humor,10,ibroh,1,informasi,20,inspiratif,41,internasional,35,islami,9,kecantikan,5,kesehatan,30,kisah nyata,5,kontroversi,149,kriminal,9,masakan,8,militer,5,Nasional,4,opini,58,politik,131,resep,8,seba-serbi,14,sejarah,48,selebriti,2,seni,1,Tausiah,5,teknologi,3,tips,32,wanita,8,
ltr
item
NKRI ONLINE: Ternyata Menghirup Kentut Ada Manfaatnya bagi Kesehatan!
Ternyata Menghirup Kentut Ada Manfaatnya bagi Kesehatan!
https://3.bp.blogspot.com/-x5ygBzDXniE/WRPdffmxJ1I/AAAAAAAAGB4/chhA7elxziww2PlLCOEwcbvoG2XGBsYogCLcB/s640/hipwee-vondt-net-750x402.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-x5ygBzDXniE/WRPdffmxJ1I/AAAAAAAAGB4/chhA7elxziww2PlLCOEwcbvoG2XGBsYogCLcB/s72-c/hipwee-vondt-net-750x402.jpg
NKRI ONLINE
http://www.nkrionline.com/2017/05/ternyata-menghirup-kentut-ada.html
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/
http://www.nkrionline.com/2017/05/ternyata-menghirup-kentut-ada.html
true
8704552831577260830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy